NAMA : DWIRAKAN M KELAS :VII G PELAJARAN :PKN
A.norma dalam kehidupan bermasyarakat
1.
Pengertian norma
Seorang ahli filsat bangsa yunani bernama Aristoteles dalam bukunya
politics mengatakan bahwa manusia adalah zoon politicion aretinya
manusia selalu hidup berkelompok.Manusia pada dasarnya memiliki dua
kedudukan,yaitu sebagai makhluk social dan makhluk individu.Menurut
Roscoe pound,dalam masyarakat terdapat tiga kategori yaitu:
A.Kepentingan umum,B.kepentingan masyarakat,C.Kepentingan pribadi.
2.Macam-macam
norma
A.norma kesusilaan
Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang berkenaan dengan bisikan
kalbu dan suara hati nurani manusia.Istilah Norma berasal dari bahasa
yunanni norm atau nomos,dan bahasa Arab qoidah yang berarti hokum.
B.norma kesopanan
Norma kesopanan adalah norma yang berhubungan dengan pergaulan manusia
dalan kehidupan sehari hari.Manusia sebagai mahkluk social memiliki
kecenderungan berinteraksi atau bergaul dengan manusia lain dalam
masyarakat.
Hubungan antar maanusia dalam masyarakat ini membentuk aturan aturanyang
disepakati tentang mana yang pantas dan yang mana yang tidak.Oleh
karena norma ini terbentuk karna kesepatan bersama, maka perbuatan atau
peristiwa yang sama memungkinkan terbentuk aturan yang berbeda antara
masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain.
.Coba
kalian perhatikan,dua orang anak kecil yang belum pernah bermain
(A)tetapi melihat teman temannya yang lebih besar bermain (A) kemudian
timbul rasa penasaran diantara mereka berdua untuk bermain (A) untuk
mewujudkan keinginan ini dua anak kecil ini membuat peraturan yang
disepakati bersama,Bagi keduanya aturan yang disepakati merupakan benar
.,untuk mereka.walaupun bagi kelompok lain kurang tepat..contoh
tersebut menggambarkan bagaimana proses terjadi perbedaan norma
kesopanan antara satu dengan yang lain.
C.norma agama
Norma agama adalah sekumpulan kaidah atau peraturan hidup manusia yang
sumbernya dari wahyu tuhan.Pemahaman akan sumber norma agama yang
berasal dari tuhan membuat manusia berusaha mengendalikan sikap dan
perilaku dalam hidup dan kehidupannya.Melanggar norma agama adalah
perbuatan dosa sehingga pelaku pelanggarannya akan mendapatkan sanksi
siksaan di neraka.Indonesia bukan Negara yang mendasarkan pada satu
agama.Namun ,Negara Indonesia percaya kepada tuhan yang maha esa sebagai
mana yang ditegaskan dalam pasal 29 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945.Norma
agama dalam pelaksanaannya tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan
tuhan,tetapi juga mengatur bagaimana hubungan manusia dengan makhluk
ciptaan tuhan lainnya.
D.norma hukum
Norma hokum adalah peraturanmengenai tingkah laku manusia dalam
pergaulan masyarakat dan dibuat oleh badan-badan resmi negara serta
bersifat memeksa sehingga perintah dan larangan dalam norma hokum harus
ditaati oleh masyarakat.Setiap norma hokum memiliki dua macam
sifat,yaitu :A.Bersifat perintah,B.Bersifat larangan.Negara Indonesia
merupakan Negara norma hukum hal itu dapat kita lihat dalam pasal 1 ayat
(3)UUD 1945.
B.Arti penting norma dalam mewujutkan keadilan
Aturan dalam
masyarakat memiliki arti penting bagi terciptanya ketertiban dan
keharmonisan masyarakat.Norma dalam masyarakat terbentuk karena ada
berbagai perbedaan individu .Sebagai makhluk individu,manusia memiliki
kepribadian,kepentingan,keinginan,tujuan hidup yang berbeda satu dengan
yang lain.Agar segala perbedaan tersebut tidak menimbulkan
perpecahanmaka dibuatlah peraturan atau norma.Fungsi aturan tersebut
antara lain:
1.pedoman dalam bertingkah laku.
2.menjaga kerukunan anggota masyarakat.
3.sistem pengendalian sosial.
Negara hukum adalah negara yang mendasarkan segala sesuatu,baik tindakan
maupun pembentukan lembaga negara pada hukum tertulis atau tidak
tertulis.Pada umumnya norma hukum memiliki sanksi sehingga berlakunya
dapat dipaksakan.Secara garisbesarnya norma hukum adalah sebagai berikut
:
1.Fungsi hukum memberikan pengesahan (legitimasi) terhadap apa yang
berlaku dalam masyarakat.
2.Fungsi hukum sebagai alat rekayasa masyarakat.
3.Fungsi hukum sebagai sarana pembentukan masyarakat,khususnya sarana
pembangunan.
4.Fungsi hukum sebagai senjata dalam konflik sosisal (Donald Albert
Rumokoy dan Frans Maramis,2014:36:38).Nilai-nilai keadilan harus
terwujud dalam kehidupan bersama adalah sebagai berikut: A.Keadilan
distributif
B.Keadilan legal
C.Keadilan komutatif
Di dalam hukum pidana,hukum itu dibagi kedalam dua macam,yaitu hukum
pokok dan hukuman tambahan.Menueut kitab undang-undang hukum
pidana(KUHP)pasal 10 menyatakan bahwa hukuman pokok meliputi huku
man
mati,hukuman penjara,hukuman kurungan,dan hukuman denda.Hukuman
tambahan meliputi pencabutan hak-hak tertentu,perampasan barang-barang
tertentu,dan pengumuman putusan hakim.
buatlah hidupmu menjadi menarik dengan selalu percaya diri.
berbohong bisa membuat banyak masalah, tetapi berkata jujur bisa menghilangkan setiap masalah.
manusia tak bisa hidup sendiri,maka dari itu janganlah engkau menyombongkan diri.
Ulasan:
Pada gambar tersebut terdapat 3 orang anak smp yang disebrangkan oleh
pak polisi di zebra cross, lalu menyebrangkan anak SMP tersebut ke
seberang jalan yang diinginkan anak SMP tersebut, mereka berjualan dia
atas zebra cross. Di gambar tersebut terdapat dua orang polisi, yang
pertama menyebrangkan ketiga anak tersebut, polisi yang satu lagi
mengawasi jika ada pengendara yang sedang melaju dengan cepat, lalu
polisi tersebut menyebrangkan ketiga orang anak tersebut agar sampai
dengan selamat.
2.Gambar 2.2 Pengendara motor melanggar jalur busway
Ulasan:Pada
gambar 2.2 terdapat kendaraan yang melanggar hukum, karena terdapat
beberapa pengendara sepeda motor menggunakan jalur khusus busway
,pengendara motor tersebut terpaksa melewati jalur khusus busway karena
jalan yang mereka lewati terdapat sebuah kemacetan yang sangat panjang.
Walau begitu peraturan harus di taati, pengendara motor tersebut
dikenakan sanksi, padahal jalur tersebut adalah khusus busway,
pengendara busway saja tidak ke jalur mereka, mengapa mereka menggunakan
jalur busway. ayo sadar diri agar tidak menggunakan jalur busway.
3.Gambar 2.3 Masyarakat sedang melakukan musyawarah
Ulasan:Pada
gambar 2.3 terdapat beberapa orang sedang berkumpul. Mereka berkumpul
bukan tanpa alasan tetapi mereka sedang melakukan kegiatan musyawarah
untuk menentukan suatu peraturan. Mereka bermusyawarah supaya dapat
menentukan pendapat yang terbaik, musyawarah dapat dilakukan oleh
sekumpulan orang dan paling sedikit tiga orang. Di desa biasanya
musyawarah di lakukan di balai desa, di perkotaan musyawarah sudah
jarang di temukan. Biasanya mereka bermusyawarah untuk menentukan hal-
hal tertentu, musyawarah tidak hanya kaum pria tetapia tetapi wanita dan
anak-anak juga dapat mengikuti musyawarah.
4.Gambar 2.4 Contoh perilaku sopan terhadap guru
Ulasan:Pada
gambar 2.4 patut kita contoh karena ia berprilaku sopan terhadap guru
dengan cara cium tangan. Pada gambar tersebut termasuk contoh Norma
Kesopanan. Norma Kesopanan adalah norma yang berhubungan dengan
pergaulan manusia dalam kehidupan sehari- hari. Norma Kesopanan
bersumber dari tata kehidupan atau budaya yang berupa kebiasaan-
kebiasaan masyarakat dalam mengatur kehidupan kelompoknya. Gambar
tersebut mengajak kita untuk sopan kepada guru dan orang yang lebih tua
dengan cium tangan atau sekedar menyapa, memang kewajiban kita jika
bertemu guru harus sopan dan hormat, selain dari guru orangtua kita juga
harus kita hormati, jika kita membantah apa kata- kata orangtua kita
termasuk orang- orang yang durhaka. maka dari itu, hormati orang yang
lebih tua.
5.Gambar 2.5 Umat beragama sedang melaksanakan ibadah
Ulasan:Pada
gambar tersebut terdapat orang- orang yang melaksanakan ibadah menurut
agamanya masing- masing. pada gambar (a) terdapat umat islam yang sedang
beribadah, (b) terdapat umat kristiani yang sedang beribadah pada
tuhannya, (c) pada gambar tersebut terdapat umat hindu yang sedang
beribadah untuk menyembah apa yang mereka sembah, (d) terdapat umat
budha yang sedang berdoa, (e) terdapat umat konghucu yang sedang
beribadah.Walau berbeda-beda agama persahabatan tetap terjaga.
6.Gambar 2.6 Kerukunan antar umat
Ulasan:Gambar
2.6 adalah gambar yang memperlihatkan kerukunan antar umat beragama.
Kerukunan antar umat beragama adalah hal yang penting agar tidak terjadi
konflik. Dalam norma agama kita dianjurkan untuk menjaga kerukunan
antar umat beragama. Kalau kita menjaga kerukunan antar umat beragama
akan terjalin kehidupan antar umat beragama yang harmonis, seperti yang
dianjarkan oleh setiap agama, dan agar terciptanya kerukunan antar umat
beragama kita harus menghormati agama lain.
7.Gambar 2.7 Gedung mabes polri, kejaksaan agung, mahkamah agung
Ulasan:Pada
gambar 2.7 terdapat gedung mabes polri, gedung kejaksaan agung, dan
gedung mahkamah agung. Pada gedung mabes polri yang bersifat perintah,
yaitu memerintahkan orang berbuat sesuatu dan jika tidak berbuat maka
dia akan melanggar norma hukum tersebut. Pada gedung kejaksaan agung
yang bersifat larangan, yaitu melarang orang berbuar sesuatu danjika
orang tersebut melakukan perbuatan yang dilarang maka ia melanggar norma
hukum tersebut. Itu contoh fungsi-fungsi gedung nasional.
8.Gambar 2.8 Interaksi sosisal masyarakat di pasar apung
Ulasan:Pada
gambar 2.8 terdapat interaksi sosial masyarakat di pasar terapung. Pada
pasar terapung terdapat interaksi sosial dengan dagang berdagang diatas
perahu. Pasar apung terdapat di Kalimantan, Indonesia. dalam demikian,
keberadaan norma melekat dalam kehidupan bermasyarakat, norma juga
diperlukan untuk mewujudkan dan menjaga tatanan kehidupan bersama yang
harmonis. Tanpa adanya norma maka akan terjadi ketidak teraturan dalam
kehidupan bermasyarakat. Tanpa adanya interaksi sosial maka tidak ada
orang yang saling kenal mengenal.
9.Gambar 2.9 Gedung pengadilan negri
Ulasan:Pada
gambar 2.9 teradapat gambar gedung Pengadilan Negri Medan,tempat
mencari keadilanhukum. Pengadilan negri berguna untuk mengadili
seseorang yang diduga melanggar peratura, mewujudkan keadilan merupakan
salah satu teori tertua dari tujuan hukum. Keadialan berasal dari kata
dasar adil, pengadilan negri bukan hanya di kota Medan, tetapi gedung
pengadilan juga berada di kota-kota lain. Pelaku belum di nyatakan
bersalah sebelum dimintai keterangan dan diputuskan oleh pengadilan.
10.Gambar 2.10 masyarakat adat Badui
Ulasan:Pada
gambar 2.10 terdapat gambar masyarakat adat Badui tetap memegang teguh
tradisi yang memerlukan kearifan lokal. Mereka mempelajari budaya
sendiri karena merupakan peninggalan nenek moyang agar tetap lestari.
Tetapi di ibu kota Jakaarta banyak yang tidak mau
mempelajari
budayanya sendiri, melainkan mempelajari budaya asing dari pada
budayanya sendiri. Padahal ilmuan-ilmuan luar negri datang ke Indonesia
untuk mempelajari budaya Indonesia. Bahkan ilmuan luar negri rela
melewati hutan yang lebar untuk mengunjungi desa terpencil, karena di
Indonesia memiliki ratusan bahkan jutaan adat, suku, budaya, dan lain
lain.
Kamis, 17 November 2016
LATIHAN SOALTAHUN PELAJARAN 2016/2017Mata Pelajaran :PPKnKelas :VII ( Tujuh )Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1 Jepang mulai menguasai Indonesia setelah Belanda menyerah di Kalijati, Subang yang terjadi pada tanggal ….A. 6 Maret 1942B. 7 Maret 1942C. 8 Maret 1942D. 9 Maret 19422. Perhatikan data berikut !1) Jepang cahaya Asia2) Jepang pemimpin Asia3) Jepang pelindung Asia4) Jepang penerang AsiaSemboyan Jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1, 2, dan 3B. 1, 2, dan 4C. 1, 3, dan 4D. 2, 3, dan 43. Dokuritsu Zunbi Cosakai (BPUPKI) dibentuk pada tanggal ….A. 1 Maret 1945B. 2 Maret 1945C. 1 Mei 1945D. 2 Mei 19454. Sidang resmi pertama BPUPKI dilaksanakan pada tanggal ….A. 29 – 31 Mei 1945B. 29 Mei – 1 Juni 1945C. 31 Mei – 1 Juni 1945D. 10 – 17 Juli 19455. BPUPKI semasa tugasnya mengadakan 2 kali sidang. Sidang pertama membahas tentang ….A. dasar negaraB. wilayah negaraC. ekonomi negaraD. rancangan UUD 19456. Sidang kedua BPUPKI membahas tentang ….A. dasar negaraB. wilayah negaraC. ekonomi negaraD. rancangan UUD 19457. Untuk soal no. 7 dan 8 perhatikan gambar tokoh berikut
Merupakan pendiri negara bernama ….
A. Ir. SoekarnoB. Drs. Moh. HattaC. R. Pandji SoerosoD. Dr. KRT Radjiman Wedyodiningrat8. Tokoh tersebut berperan sebagai ….A. Pendiri PPKIB. Ketua BPUPKIC. Perwakilan JepangD. Perumus dasar negara9. Gambar tokoh pendiri negara yang mengemukakan istilah Pancasila sebagai dasar negara adalah ….A.
B.
10. Perhatikan data berikut !1) Peri kebangsaan2) Peri kemanusiaan3) Peri ketuhanan4) Peri kerakyatan5) Kesejahteraan sosialUsulan dasar negara tersebut dikemukakan oleh ….
A. Ir. SoekarnoB. Mr. SoepomoC. Mr. Moh. HattaD. Mr. Moh. Yamin11. Perhatikan data berikut !1) Kebangsaan Indonesia2) Internasionalisme atau peri kemanusiaan3) Mufakat atau demokrasi4) Kesejahteraan sosial5) Ketuhanan yang berkebudayaanUsulan dasar negara tersebut dikemukakan oleh ….A. Ir. SoekarnoB. Mr. SoepomoC. Mr. Moh. HattaD. Mr. Moh. Yamin12. Ir. Soekarno berpidato tentang dasar negara Indonesia merdeka pada tanggal ….A. 29 Mei 1945B. 30 Mei 1945C. 31 Mei 1945D. 1 Juni 194513. Pada tanggal 22 Juni 1945 panitia Sembilan berhasil membuat rancangan Pembukaan UUD yangoleh M Yamin diberi nama ….A. PancasilaB. MukaddimahC. Piagam JakartaD. Pembukaan UUD14. BPUPKI dibubarkan pada tanggal ….A. 5 Agustus 1945B. 6 Agustus 1945C. 7 Agustus 1945D. 8 Agustus 194515. Perhatikan pernyataan berikut !1) Menetapkan UUD NRI Tahun 19452) Memilih Presiden dan Wakil Presiden3) Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)4) Membubarkan BPUPKI5) Mengangkat Soekarno sebagai Presiden seumur hidupHasil sidang PPKI ditunjukkan oleh nomor ….A. 1, 2, dan 3B. 1, 3, dan 4C. 2, 3, dan 4D. 3, 4, dan 516. Semangat yang menganggap bahwa kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi harus diserahkankepada negara kebangsaan atau nation statedisebut ….A. patriotismeB. nasionalismeC. cinta tanah airD. rela berkorban17. Semangat yang harus dimiliki peserta didik sebagai generasi muda penerus bangsa adalah ….A. semangat membela negara bila ada imbalanB. semangat rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negaraC. semangat ikut tawuran karena membela temanD. semangat belajar kalau ada ualangan saja18. Indonesia akan mampu menjadi negara yang maju dan sejajar dengan negara-negara di dunia bilagenerasi muda penerus bangsa memiliki semangat dan jiwa patriotisme yaitu ….A. semangat pantang mundur dan tak kenal lelahB. semangat mendahulukan kepentingan pribadi daripada kepentingan negaraC. semangat mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadiD. semangat cinta tanah air dan bersedia mengorbankan segala-galanya untuk mempertahankan bangsanya19. Perhatikan pernyataan berikut !1) Mendahulukan kepentingan kelompok2) Jiwa ingin menang sendiri3) Jiwa solidaritas dan kesetakawanan4) Jiwa tanpa pamrih dan bertanggungjawab5) Jiwa ksatria dan kebesaran jiwaJiwa dan semangat 45 ditunjukkan oleh nomor ….A. 1, 2, dan 3B. 1, 3, dan 4C. 2, 3, dan 4D. 3,4,dan 520. Perhatikan 3pernyataan berikut !1) Memiliki semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme2) Semangat putus asa menghadapi perjuangan3) Rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia4) Mementingkan perjuangan kedaerahan5) Mengorbankan kepentingan pribadi untuk kepentingan negaraKomitmen para pendiri negara dalam perumusan Pancasila ditunjukkan oleh nomor ….A. 1, 2, dan 3B. 1, 3, dan 5C. 2, 3, dan 4D. 3, 4, dan 521. Upaya generasi muda untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik dapat dilakukan dengan cara ….A. bersahabat dengan alam lingkunganB. ikut tawuran dengan teman karena rasa solidaritasC. giat belajar dan mengikuti kegiatan ekstrakurikulerD. belajar kelompok dengan teman agar terbebas dari pekerjaan rumah
22. Pengertian konstitusi adalah ….A. Undang-undangB. Peraturan PemerintahC. peraturan perundang-undanganD. hukum dasar yang digunakan dalam penyelenggaraan negara23. Aturan-aturan dasar yang timbul dan terpelihara dalam praktik penyelenggaraan negara yang tidak tertulis adalah ….a. Kebiasaan c. doktrinb. Konvensi d. adat istiadat24. Contoh hukum dasar tertulis adalah ….a. UUD 1945b. Konvensic. Norma kesopanand. Norma adat25. Kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar, merupakan isi pasal ….A. 1 ayat (1)B. 1 ayat (2)C. 1 ayat (3)D. 1 ayat (4)26. Perhatikan pernyataan berikut !1) Pemegang kedaulatan2) Struktur negara3) Bentuk negara4) Tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN)5) Pembatasan kekuasaan pejabat negaraUndang-Undang Dasar negara mengatur tentang ….A. 1, 2, dan 3B. 1, 3, dan 4C. 2, 3, dan 4D. 3, 4, dan 527. Sidang kedua BPUPKI dilaksanakan pada tanggal ….A. 29 – 31 Juni 1945B. 29 – 31 Juli 1945C. 10 – 17 Juni 1945D. 3, 4, dan 5E. 10 – 17 Juli 194528. Dalam sidang BPUPKI kedua terbentuk panitia kecil yang berhasil memutuskan ….A. memutuskan Indonesia merdekaB. memutuskan dasar Indonesia merdekaC. memutuskan Soekarno menjadi PresidenD. menyusun usul rencana pembukaan hukum dasar
29 Perbedaan Isi Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terletak pada sila ke - ….A. 1 C. 3B. 2 D. 430 BPUPKI dibubarkan oleh Jepang, sebagai gantinya dibentuklah PPKI yang bertujuan untuk ….A. mempersiapkan kemerdekaan IndonesiaB. Mempersiapkan pemberontakan terhadap pemerintahan IndonesiaC. Menyerang pemerintahan Jepang yang sedang bercokol di IndonesiaD. Memperlihatkan kepada negara-negara tetangga tentang kehebatan Indonesia31. PPKI diketuai oleh tokoh pendiri negara yaitu ….A. Ir. SoekarnoB. Mr. M. YaminC. Drs. Moh. HattaD. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat32.. Perhatikan pernyataan berikut !1) Pembukaan terdiri dari 4 alinea2) Batang tubuh 16 bab, 37 pasal3) Batang tubuh 21 bab, 73 pasal4) Penjelasan umum dan pasal demi pasal5) Penjelasan khusus dan pasal demi pasalSistematika UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebelum perubahan ditunjukkan oleh nomor ….A. 1, 2, dan 3B. 1, 2, dan 4C. 2, 3, dan 4D. 3, 4, dan 533. Naskah aturan hukum yang tertinggi dalam kehidupan Negara Republik Indonesia adalah ….A. TAP MPRB. Undang-UndangC. UUD NRI Tahun 1945D. Peraturan Pemerintah
34. Tujuan dibuatnya aturan dalam kehidupan adalah untuk ….A. kebersamaanB. ketidakharmonisanC. kesenjangan sosialD. ketertiban dan keteraturan
35. Akibat bagi warga negara, bangsa dan negara apabila Indonesia tidak memiliki UUD adalah ….A. hidup dalam keteraturanB. masyarakat akan aman dan sejahteraC. tercipta ketidaknyamanan dalam kehidupanD. timbulnya kesenjangan social dalam masyarakat36 Dalam melakukan sidang BPUPKI ada dua faham utama yang dimiliki para pendiri negara, yaitu ….A. nasionalisme dan agamaB. cinta tanah air dan setiaC. mementingkan kepentingan diri sendiriD. rela berkorban bila mendapat imbalan37. Dalam berbagai perbedaan yang ada di antara anggota BPUPKI dapat diatasi dengan sikap dan perilaku ….A. memaksakan kehendakB. mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golonganC. rela berkorbanD. mau menerima masukan orang lain
38. BPUPKI melaksanakan sidang dengan semangat ….A. mementingkan kepentingan kelompokB. rela berkorban agar mendapat imbalanC. cepat putus asa karena belum menghasilkan kesepakatanD. kebersamaan dan mengutamakan musyawarah mufakat39. Sikap yang harus dimiliki peserta didik dalam mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih oleh para pendiri negara adalah ….A. cepat putus asa dalam menerima masalahB. mengutamakan kepentingan pribadi daripada kepentingan bersamaC. semangat kebersamaan dan mengutamakan musyawarah mufakatD. semangat rela berkorban bila diperlukan40 UUD 1945 telah mengalami amandemen/perubahan sebanyak ….A. satu kali C. tiga kaliB. dua kali D. empat kali41. Nilai yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 bersifat ….A. rigid dan kakuB. utuh dan bulatC. universal dan lestariD. menyeluruh dan dapat dipercaya42. Pembukaan UUD 1945 diterima oleh bangsa-bangsa beradab di dunia. Ini mengandung arti bahwa Pembukaan UUD 1945 bersifat ….A. kakuB. sebagianC. universalD. dapat mengikuti perkembangan jaman43. Alinea pertama Pembukaan UUD 1945 mengandung nilai ….A. religi C. persatuanB. kemanusiaan D. budaya44. Pembukaan UUD 1945 terdiri atas ….. alineaA. dua C. empatB. tiga D. lima45 Pengukuhan dari proklamasi yang luhur merupakan makna dari Pembukaan UUD 1945 alinea ke - ….A. satu C. tiga
B. dua D. empat46. Bangsa Indonesia ingin menghapuskan penjajahan dengan segala bentuknya karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan. Merupakan makna dari pembukaan UUD 1945 alinea ke …A. satu C. tigaB. dua D. empat47. Tujuan negara Indonesia yang tercantum dalam Pembukan UUD 1945 alinea ke empat yang berhubungan dengan program gratis belajar 12 tahun dalam rangka untuk ….A. memberi kemakmuranB. mensejahterakan rakyatC. ikut melaksanakan ketertiban duniaD. mencerdaskan kehidupan bangsa48. Antara Proklamasi kemerdekaan dan Pembukaan UUD 1945 terdapat ….A. kemiripanB. kesamaanC. kepentingan yang samaD. hubungan yang sangat erat49. Lembaga negara yang berhak untuk mengamandemen UUD 1945, adalah ….A. MPR C. PPKIB. DPR D. BPUPKI50. Dalam amandemen UUD Negara Republik Indonesia ada kesepakatan dasar yang tidak boleh diubah, yaitu ….A. penjelasanB. pasal-pasalC. pembukaanD. batang tubuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar